Perubahan Iklim dan Lahan Kritis, menjadi suatu tantangan besar bagi penyuluh kehutanan dalam melakukan pendampingan masyarakat. Kondisi ini menuntut para Penyuluh Kehutanan memiliki langkah strategis yang adaptif dengan kondisi yang ada dilapangan.

Untuk menjawab hal tersebut, Sekretariat Dewan Pertimbangan Perubahan Iklim menggelar diskusi pojok iklim bertajuk “Aksi Nyata Masyarakat Cerdas Iklim”. Diskusi dimoderatori oleh Ir. Endang Dwi Hastuti, MM Penyuluh Kehutanan Pusat Penyuluhan, Badan P2SDM dengan Narasumber Dewi Sulistyowati, SP (Penyuluh Kehutanan Dinas LHK Prov DIY), Mimitra Delia Putri, S.Hut (Penyuluh Kehutanan Prov Sumatera Barat), Yuli Yulyanti (KTH Mekar Hasanah, Banten) dan Muzayanah (KTH Margo Rahayu, Kebumen).

Dalam diskusi ini para penyuluh kehutanan membagikan cerita mengenai perjuangan yang telah dilakukan dalam melakukan pendampingan berupa edukasi agar pengetahuan dan keterampilan menjadi lebih baik. Dalam melaksanakan pendampingan, penyuluh kehutanan senantiasa menggandeng dan bergerak bersama masyarakat dalam merubah kondisi pola pikir dimana satu keadaan kritis bisa diubah menjadi produktif dengan adaptif dalam kondisi apapun.

Kepala Badan P2SDM KLHK, Helmi Basalamah dalam pengantarnya memberikan apresiasi kepada penyuluh kehutanan atas kerja keras dan kegigihannya dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat.

Hasil diskusi pada acara tersebut diharapkan mampu menjadi acuan dan penyemangat bagi Penyuluh Kehutanan dalam melaksanakan pendampingan masyarakat.