SMK Kehutanan Negeri (SMKKN) Manokwari menggelar acara wisuda bagi 45 orang lulusan SMKKN angkatan IX, Tahun 2019, di Manokwari, pada hari Kamis, 09/05/2019.

Pada era globalisasi dan persaingan tenaga kerja, lulusan SMK Kehutanan dituntut memiliki kompetensi yang memadai dalam bidang kehutanan. Lulusan SMKKN telah memenuhi uji kompetensi bidang kehutanan dan telah mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), diantaranya bidang pembuat bibit generatif, pembuatan peta hasil pengolahan titik GPS, pengukur dan penguji kayu bundar dan pemandu. Hal tersebut akan sangat bermanfaat dalam menggeluti dunia kerja. Demikian pesan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) Kementerian LHK, yang disampaikan oleh Kepala Pusat Diklat SDM LHK, Novia Widyaningtyas, S.Hut., M.Sc.

Berdasarkan nilai rapor, nilai perilaku siswa, dan nilai USBN, yang menjadi lulusan terbaik tahun ini, yaitu:
1. Mayang Sutri Abidin, dari kompetensi keahlian produksi hasil hutan, dengan nilai 81,88.
2. Ivana Manuputty, dari kompetensi keahlian konservasi hutan, dengan nilai 80,99.

Selamat kepada wisudawan, semoga dapat bekerja dan berkarya atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai yang saudara cita-citakan. Wisuda bukanlah akhir dari perjuangan dalam menuntut ilmu maupun pengembangan diri, tetapi merupakan awal dari tahapan perjuangan selanjutnya ke jenjang yang lebih tinggi.