PNS baru di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) harus mampu memegang teguh dan menerapkan 6 (enam) nilai budaya KLHK, yaitu disiplin, jujur, ikhlas, profesional, tanggung jawab, dan kerjasama. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK, yang diwakili oleh Sekretaris Badan P2SDM, Ir. Sudayatna, M.Sc., dalam Acara Penutupan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS KLHK Gol. III Gelombang II Tahun 2018, hari Rabu, (05/09), di Pusat Diklat SDM LHK, Bogor.
Revolusi Industri 4.0 telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat dengan sentuhan serba teknologi canggih. Melalui pelatihan dasar ini, ASN/PNS KLHK diharapkan memiliki karakter, kompetensi, kontribusi, dan kreativitas agar tidak ketinggalan laju perubahan zaman. ASN KLHK harus mempunyai terobosan baru dalam membuat sistem pelayanan publik yang transparan dan akuntabel berbasis teknologi informasi.
Selain itu PNS KLHK harus profesional, bebas dari intervensi politik, dan bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Semoga dengan energi dan semangat baru, para CPNS ini mampu menjadi agen-agen perubahan demi kebaikan bangsa dan negara Indonesia.