Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pematangsiantar menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Lebah Madu pada Tanggal 7 –  9 Agustus 2018. Pelatihan tersebut diselenggarakan untuk mendukung percepatan Perhutanan Sosial bagi masyakarat di Kecamatan Lumban Julu, Kab. Toba Samosir.

Peserta berasal dari gabungan Kelompok Tani Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Siarsik-Arsik dan Bulu Laga. Umumnya masyarakat di kec. Lumban Julu bekerja sebagai petani, namun dengan pemberian pelatihan tentang budidaya lebah madu ini, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Masyarakat diberi pelatihan seperti pembuatan stup/sarang lebah, hingga berburu lebah liar. Para peserta berburu sarang madu lebah yang ada di batang pohon. Mulai dari mengasapi batang pohon yang ada sarang lebah hingga memindahkannya ke stup yang dibuat masing-masing kelompok peserta pelatihan.

Dra. Tjatur Amperawati, M.Sc dan Fonny Selvia, S.Hut, M.Sc bertindak sebagai pengajar pelatihan budidaya lebah madu, memberi beberapa arahan dan praktik dalam pembuatan stup dan cara memindahkan sarang lebah dari batang pohon ke stup yang telah tersedia.