BP2SDM bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas SDM LHK. SDM tidak hanya ASN lingkup Kementerian LHK yang berjumlah sekitar 17.000, ASN pemerintah daerah dan juga kelompok tani hutan yang perlu peningkatan kapasitas dan generasi muda lingkungan hidup.
Hal itu disampaikan Helmi Basalamah, Kepala BP2SDM Kementerian LHK, pada Acara Pembinaan Pegawai BP2SDM, 27/07/2018, di Bogor.

Lebih lanjut Helmi Basalamah berpesan untuk mewujudkan tanggung jawab tersebut dapat dimulai dengan aksi revolusi mental, yang diinternalisasi menjadi 3 (tiga) pilar, yaitu integritas, etos kerja, gotong royong.

Sesuai dengan era milenial, 3 pilar tersebut menjadi dasar untuk menciptakan beberapa aplikasi sebagai tools yang inovatif. Tools tersebut diantaranya e-learning untuk diklat,
aplikasi Simping sistem informasi pendamping perhutanan sosial, talent manajemen, adiwiyata. Pada kesempatan ini, Kepala BP2SDM menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada ASN yg telah purna tugas.

Kepala BP2SDM menilai pertemuan ini merupakan sarana yang baik untuk meningkatkan silaturahmi, profesional, dan komunikasi ASN lingkup BP2SDM.
Pada kesempatan ini, hadir sebagai motivator Analisa Widyaningrum, seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta.