Enam Nilai Budaya Kerja KLHK

Dalam rangka gerakan revolusi mental untuk reformasi birokrasi, Pusat Perencanaan Pengembangan SDM (Pusrenbang SDM), Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian LHK mengadakan kegiatan internalisasi budaya kerja lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 orang peserta yang berasal dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK, dan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 4 s/d 6 April 2018 bertempat di Bogor.

Dalam sambutannya Kepala Pusrenbang SDM, Ade Palguna menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang budaya kerja yang harus dimiliki oleh seluruh pegawai lingkup Kementerian LHK. Ade Palguna juga menegaskan perlunya dirumuskan satu budaya kerja (corporate culture) bagi seluruh pegawai kementerian LHK, karena peleburan dua kementerian membawa budaya kerja masing-masing. Budaya kerja yang bagus di eks Kementerian Kehutanan bisa ditularkan kepada pega

wai eks Kementerian Lingkungan Hidup begitu juga sebaliknya, sehingga lebur menjadi satu LHK yang sesungguhnya.

Hadir sebagai pembicara Agus Harsono, Ak, MM, Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kementerian PAN dan RB. Agus menyampaikan internalisasi budaya kerja merupakan salah satu langkah dalam mewujudkan revolusi mental yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong sehingga terbentuk budaya kerja yang sehat dalam konteks reformasi birokrasi.

Dalam tiga hari pelaksanaan kegiatan, tim ACT consulting selaku trainer memandu peserta untuk mengimplementasikan enam nilai budaya kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di lingkungan kerja masing-masing. Enam nilai budaya kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah Disiplin, Jujur, Ikhlas, Profesional, Tanggungjawab dan Kerjasama (DJIPTK), untuk mewujudkan tujuan mulia KLHK (meaning) “Kami Penyelamat Sumber Kehidupan Dunia”.

Dengan diimplementasikannya enam nilai budaya kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan diharapkan reformasi birokrasi di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dapat terlaksana dengan baik dan dapat menunjang Kementerian LHK menjadi institusi yang bersih dan melayani.