Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan (Puslatmas dan PGL) melaksanakan Pelatihan bagi Kader Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang ke empat di Tahun 2017. Sebanyak 100 orang yang berasal dari Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas mengikuti Pelatihan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Bagi Kader Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di DAS Serayu Bagian Tengah yang dilaksanakan tanggal 12 – 14 September 2017 di Purwokerto Jawa Tengah. Lokasi pelatihan adalah di Aula Kelurahan Purwanegara, Jl. Brigjen Encung No. 7A, Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.
Penyelenggaraan pelatihan PPLH bagi Kader LHK di DAS Serayu, merupakan kerjasama antara Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa, DLH Propinsi Jawa Tengah, DLH Kabupaten Purbalingga, DLH Kabupaten Banyumas dan BPDAS HL Serayu Opak Progo.

Photo: Simbolis Penyerahan Sertifikat Peserta

Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan kapasitas masyarakat di sekitar DAS Serayu Bagian Tengah sebagai upaya penyelamatan fungsi DAS dan pelestarian lingkungan. DAS Brantas merupakan salah satu dari 15 DAS Prioritas Nasional yang mendapat perhatian dari pemerintah pusat dan daerah karena kondisinya yang kritis dan berdampak besar pada sektor lain yang menopang ekonomi masyarakat sekitarnya, misalnya sektor pariwisata.

Photo: Praktek Hidroponik

Selain teori di dalam kelas, pelatihan ini memberikan praktek Hidroponik, Praktek Pengelolaan Sampah dan Praktek pembuatan Biopori. Peserta pelatihan juga melakukan kunjungan lapangan ke TPST Kelurahan Purwanegara dan Pengelolaan Lingkungan Kelurahan Mersi. Semoga setelah pelatihan ini masyarakat dapat melakukan aksi nyata dan berperan dalam penyelamatan DAS Serayu. Semoga pelatihan ini memberi manfaat bagi masyarakat khususnya.