Setelah melakukan acara Dialog Nasional “Sukses Indonesiaku” di Rest Area Bale Gandrung, Pemalang tanggal 23 September 2017, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan kunjungan ke SMAN 2 Slawi Kabupaten Tegal. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 1100 warga SMAN 2 Slawi (siswa, tenaga pendidik, tenaga non kependidikan) dan 350 undangan lainnya (Pejabat dan Staf Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perwakilan SKPD Provinsi Jawa Tengah, SKPD Kabupaten Tegal, Sekolah Adiwiyata Mandiri, Sekolah Adiwiyata Nasional di kabupaten Tegal).
Acara diawali dengan sambutan Bupati Tegal yang diwakili oleh Asisten Administrasi Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal dilanjutkan dengan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sekaligus Sosialisasi Generasi Muda Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam pemaparannya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menekankan pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai salah satu solusi yang efektif dan efisien dalam upaya merubah kesadaran dan perilaku masyarakat yang ramah lingkungan. Kontribusi sekolah dalam membentuk generasi muda lingkungan hidup dan kehutanan dapat dilakukan dengan mengikuti Program Adiwiyata. Dengan program Adiwiyata warga sekolah dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan terkait pengelolaan sampah, konservasi energi, konservasi air dan keanekragaman hayati baik melalui pengintegrasian dalam setiap mata pelajaran, dalam kegiatan ekstra kurikuler maupun dalam pembiasaan diri.

Photo: Bantuan pemberian Mentri LHK untuk SMAN 2 Slawi

Dalam kesempatan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan bantuan berupa :
a. Dana pembuatan hutan taman sekolah sebanyak Rp. 25.000.000,-
b. Bibit tanaman
c. 1000 Bantuan biaya pendidikan untuk 20 Siswa berprestasi
d. 5 tempat sampah terpilah
e. 4 alat lubang biopori
f. 1 gerobak sampah
g. 6 tabung komposter
h. 1 mesin pencacah sampah
i. 2 mixer sampah manual
j. 2 unit Takakura
Sebelum kegiatan pemaparan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebanyak 50 anggota pramuka penegak SMAN 2 Slawi mengikuti acara Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) yaitu melakukan gerakan aksi bersih sampah, menanam pohon di sekitar area SMAN 2 Slawi. Selain melakukan gerakan aksi untuk lingkungan, anggota pramuka mengikuti pembelajaran di lapangan tentang Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti

Photo: sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sekaligus Sosialisasi Generasi Muda Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Acara Sosialisasi Generasi Muda Lingkungan Hidup dan Kehutanan diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Asisten Administrasi Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal dan Ketua Komite Sekolah SMAN 2 Slawi. Semoga pelatihan ini memberi manfaat bagi masyarakat khususnya.