TESTIMONI

INDRA KURNIATI, PENYULUH KEHUTANAN YANG MEMBINA KELOMPOK WANITA TANI HUTAN

DI DAERAH PERBATASAN

Indra Kurniati adalah penyuluh kehutanan di daerah Kelam Permai, Kab. Sintang, Kalimantan Barat, yang bekerja di wilayah medan jalan yang sulit sudah terbiasa kujalani, bahkan terkadang ada beberapa wilayah yang sangat terpencil dimana memerlukan waktu 5 jam lebih, baru bisa sampai ke tujuan. Rasanya kalau membayangkannya saja sudah sangat lelah di jalan, tapi itu semua kujalani dengan hati gembira dan bahagia, karena sebuah tujuan sederhana yakni ingin mengubah paradigma masyarakat yang terbiasa berpikir bahwa wanita hanya bisa di rumah, menunggu suami datang dan mengurus rumah tangga.

sintang 1

Penyuluh sedang melakukan Pendampingan Kelompok Wanita Tani Hutan (KWTH)

 

Kuingin mengubah itu semua, kuingin mengembang selebar-lebarnya potensi ibu-ibu disana untuk berkembang, membuat produk Hasil Hutan Bukan Kayu yang bisa berpotensi dan memiliki daya jual tinggi.

Kerjaku tidak sia-sia, kumampu membentuk 3 kelompok wanita tani hutan (KWTH), kelompok KWTH KARYA MAKMUR, KWTH SEMANGAT JAYA dan KWTH BUKIT LIANG dengan produk ciri khasnya berupa tenun ikat dan Kerajinan Rotan.

sintang 2

sintang 3

Penyuluh sedang melakukan pendampingan pembuatan kerajinan rotan dan tenun

 

Diriku bangga sekali dengan mereka, dengan segala keterbatasan mereka, mereka mau belajar dan berusaha mengembang produk-produk tersebut.

Semoga suatu saat produk-produk mereka tersebut bisa menjadi brand / ciri khas wilayah mereka, menjadi kebanggaan daerah mereka dan meningkatkan Taraf ekonomi bagi keluarga mereka.

Semoga Tuhan selalu memampukanku dengan segala keterbatasan yang kumiliki, mengembangkan selalu potensi-potensi KWTH tersebut menjadi lebih baik. Amin