Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) merupakan salah satu upaya mendukung ketahanan bencana warga sekolah. Melalui Gerakan PBLHS diharapkan akan terwujud perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup, dan berdampak pada meningkatnya kualitas lingkungan hidup di sekolah dan daerah.

Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah provinsi diberikan kepada sekolah yang telah berhasil menjalankan Gerakan PBLHS. Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) tahun 2022 telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Juni 2022 yaitu pendaftaran, seleksi administrasi, dan penilaian pemenuhan kriteria sekolah adiwiyata. Penilaian CSAN dan CSAM 2022 dilakukan secara offline dan online melalui Sistem Informasi Adiwiyata (SIDIA). Verifikasi lapangan secara sampling dilakukan terhadap CSAN dan CSAM yang memenuhi syarat berdasarkan hasil penilaian pemenuhan kriteria.

Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan berkomitmen dalam menjalankan keterbukaan informasi kepada publik dengan menampilkan hasil penilaian usulan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional yang berhasil memenuhi kriteria sekolah Adiwiyata tahun 2022 melalui website https://pusatpglhk.bp2sdm.menlhk.go.id.

 

Masyarakat dapat memberikan saran dan masukan terkait pelaksanaan Gerakan PBLHS oleh sekolah yang diusulkan melalui link tersebut di atas. Untuk tata cara pemberian masukan dan saran dapat dilihat pada gambar berikut:

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh unsur warga sekolah dan instansi lingkungan hidup daerah atas kerja samanya. Semoga kualitas lingkungan Indonesia dapat menjadi lebih baik disertai dengan perubahan perilaku yang ramah lingkungan. Salam lestari.