Kisah Pohon Tumbang Di Hutan Diklat Sawala

Hujan deras sejak Senin (11/3/2019) mengguyur wilayah Kadipaten dan sekitarnya. Sekitar setelah waktu asar sebatang pohon johar di Hutan Diklat Sawala tumbang dan menimpa johar lainnya sehingga keduanya rebah menutup jalan desa yang menghubungkan antara Blok Gandasari dengan Blok Leuwihujan.
Menurut keterangan warga sekitar, Aan Sumarni, setelah waktu asar terdengar suara benda besar jatuh yang cukup keras.
Kedua pohon yang telah rebah ini setidaknya menyebabkan rangkaian kabel telkom terganggu dan menutupi akses warga yang biasa melintas di jalan yang membelah hutan tersebut.
Praktis sejak sore itu hingga Selasa pagi warga yang biasa melintas dari Blok Gandasari ke Blok Leuwihujan atau sebaliknya terpaksa harus menempuh jalan memutar.
Tim petugas pengaman pohon tumbang dari Hutan Diklat Sawala Mandapa diterjunkan sejak pukul 8.05 WIB untuk mengamankan kayu dan pengangkutannya.
Upaya pengamanan dibantu oleh beberapa anggota KTH Wana Bhakti dari Desa Gandasari sehingga pelaksanaannya dapat lebih ringan dan cepat.
Petugas pemotong batang, pemangkas cabang dan ranting, serta petugas pengangkut kayu bekerja dengan efektif hingga jalan sudah bisa dilalui oleh kendaraan dalam tempo tidak lebih dari 20 menit.
Pekerjaan selesai pukul 11.10 WIB sehingga warga bisa kembali melintas jalan di dalam kawasan ini seperti biasa dan selanjutnya warga harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pohon tumbang di lokasi ini.