Buka Diklatpim, Kepala BP2SDM LHK Minta Pejabat Pengawas Memimpin Perubahan

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Helmi Basalamah meminta agar pejabat struktural eselon IV/ pejabat pengawas tidak hanya memiliki kompetensi tetapi juga mampu menunjukkan kinerja dalam memimpin perubahan.
“Pejabat struktural eselon IV/pejabat pengawas memainkan peranan yang sangat menentukan dalam menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program-program dan memimpin bawahan dan seluruh stakeholder. Untuk membentuk pejabat pengawas yang mumpuni diperlukan sebuah penyelenggaraan Diklat Pim yang inovatif yang tidak hanya meningkatkan kompetensinya namun juga menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerjanya, memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan” kata Kepala BP2SDM KLHK saat membuka Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV angkatan XXIX tahun 2018 di Aula Helochis Djioen Pusat Diklat SDM LHK Bogor, Senin (25/6) pagi.
Peningkatan kompetensi dan memimpin perubahan sejatinya juga untuk menjawab tantangan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi yang akan dan sedang dilaksanakan menyangkut tiga aspek yaitu kelembagaan, ketatalaksanaan dan sdm.
“Reformasi kelembagaan dilakukan dengan penyempurnaan kelembagaan yang ada, dengan berorientasi pada tugas dan tanggungjawab yang jelas. Reformasi pada prosedur atau tataran tatalaksana, dilakukan dengan penyempurnaan dan peningkatan pelayanan yang optimal, tidak berbelit-belit, mudah dan cepat dalam melayani, serta mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Reformasi dari segi sumberdaya manusia, dengan penyempurnaan pada sistem pengadaan, penempatan, serta pengangkatan pejabat, yang harus dilakukan secara konsekuen, objektif, dan memenuhi persyaratan administrasi serta teknis” ucap Helmi.
Sementara itu Kepala Pusat Diklat SDM LHK Tri Joko Mulyono dalam laporannya menyampaikan bahwa Diklat PIM IV ini bertujuan untuk membentuk kompetensi kepemimpinan pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing
Untuk tahun ini, total peserta diklat PIM IV berjumlah 30 orang yang berasal dari 12 eselon I lingkup Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan. Diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan XXIX dilaksanakan selama 36 (tiga puluh enam) hari kerja untuk pembelajaran klasikal dan 67 (enam puluh tujuh) hari kalender untuk pembelajaran non klasikal.

Adapun tenaga pengajar diklat meliputi widyaiswara, pakar, praktisi, dan narasumber lainnya yang memiliki kompetensi dan pengalaman dalam mengelola perubahan yang berasal dari lembaga administrasi negara, pusat diklat kehutanan, dan instansi lain terkait.