(Diklat, Bogor) Pusat Diklat SDM LHK menyelenggarakan diklat kepemimpinan Tingkat III Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mulai tanggal 31 Maret sampai dengan 14 Juli 2017.
Diklat Kepemimpinan Tk. III secara resmi dibuka oleh Kepala Biro Kepegawaian KLHK pada Jumát (31/3) di Bogor. Turut hadir dalam acara pembukaan Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Ir. Wikan Hartanti dan Kapusdiklat SDM LHK. Diklat tersebut diikuti oleh 30 orang peserta.

Dalam sambutannya Ir. Erni Maryana MM mengatakan bahwa dalam sistem manajamen kepegawaian, pejabat struktural eselon III mempunyai peranan dalam menangani isu nasional strategis sehingga melalui diklat kepemimpinan ini akan terbentuk para pemimpin yang visioner dan inovatif”. Kompetensi yang dibangun pada dikpim Tk.III ini adalah pemimpin yang mampu berkolaborasi, berinovasi sesuai bidang tugasnya dan dapat mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya manusianya dalam organisasi.

Metode yang digunakan dalam diklat ini yaitu: ceramah, pendalaman materi, seminar, simulasi, studi kasus, diskusi, visitasi, penulisan proyek perubahan, bencmarking ke best practice. Dalam diklat ini akan dijelaskan tahap pembelajaran struktur kurikulum untuk mencapai kompetensi kepemimpinan oprasional struktur kurikulum diklat kepemimpinan disusun menjadi lima tahap pembelajaran. Yakni, tahap diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, tahap membangun komitmen bersama terdiri dari satu agenda proyek prubahan, tahap perubahan dan pembangunan tim, tahap laboratoriom kepemimpinan dan tahap evaluasi.

Untuk pembelajaran klasiklat (on campus) pembelajaran dilaksanakan di Pusat Diklat SDM LHK sedangkan pembelajaran non klasikal (off campus) peserta melaksanakan kegiatan di instansi masing-masing peserta diklat. **ell