Artikel

Tuesday, 21 June 2022

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Cetak 470 Tenaga Teknis Kehutanan Tingkat Trampil Melalui 5 Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri

Jakarta – 21 Juni 2022 Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BP2SDM), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencetak 470 siswa ( 353 pria, 117 wanita)  tenaga teknis kehutanan tingkat trampil, melalui rangkaian prosesi kelulusan / wisuda di 5 SMK Kehutanan Negeri  lingkup KLHK  untuk Tahun Ajaran 2021/2022. Rangkaian wisuda diawali oleh SMKKN Samarinda pada 4 Juni 2022 dengan meluluskan  105 siswa ( 76 pria, 29 wanita), lalu SMKKN Pekanbaru pada 9 juni  (102 lulusan :   83 pria, 19 wanita) selanjutnya SMKKN Manokwari 11 Juni 2022 ( 65 lulusan: 45 pria, 20 wanita), SMKKN Kadipaten pada 14 Juni 2022 (99 lulusan : 77 pria,  22 wanita) dan  SMKKN Makassar pada 16 Juni 2022 (99 lulusan: 72 pria, 27 wanita).

Plt Kepala Badan P2SDM, Drs A Palguna  Ruteka,  yang hadir mewisuda dan memberikan arahan langsung di SMKKN Samarinda, ataupun melalui pesan tertulis yang dibacakan Eselon II BP2SDM yang mewakili di SMKKN yang lain, menekankan bahwa , lulusan SMK Kehutanan Negeri saat ini telah dibekali kemampuan teknis dasar dibidang kehutanan, mempelajari kondisi dan keunggulan SDA Indonesia serta menguasai perkembangan teknologi yang ada. Para lulusan SMKKN dapat berperan langsung maupun tidak langsung pada program prioritas Kementerian lingkungan Hidup. Saya berpesan kepada seluruh wisudawan untuk memanfaatkan seluruh peluang yang ada baik itu pada BUMN atau BUMS dibidang kehutanan atau bahkan dibidang pertambangan, dan pariwisata. Selain itu bagi peserta didik SMK Kehutanan yang berkeinginan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri juga dipersilahkan kata Plt Kepala Badan P2SDM, Drs  A Palguna Ruteka.

Para lulusan yang berasal dari Kelompok Tani Hutan serta yang berasal dari daerah Kawasan Hutan juga dapat kembali ke daerahnya  masing-masing untuk mengabdikan dirinya di dalam masyarakat untuk mensukseskan program perhutanan sosial. Selain itu, para lulusan diharapkan dapat memulai kegiatan wirausaha sesuai kompetensi keahlian kehutanan yang dimiliki.

Suatu hal yang menggembirakan pada wisuda kali ini, karena dari lulusan yang telah diwisuda terdapat lulusan yang sudah diterima di beberapa  perusahaan kehutanan dan telah diterima diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri.Diantara lulusan tersebut, terdapat 5 lulusan warga negara Timor Leste, yang mendapatkan kesempatan belajar di SMKKN Makassar sebagai bagian dari implementasi Kerjasama Kementerian  LHK  dan Kementerian Kelautan dan Perikanan  Republik Demokratik Timor Leste , khususnya dibidang pengembangan SDM LHK yang telah berlangsung sejak tahun 2015.

Dalam kesempatan wisuda di SMKKN Makassar, hadir mewakili pihak orangtua lulusan sekaligus mewakili pemerintah Timor Leste, adalah Atase Pendidikan Kedubes Timor Leste di Jakarta dan  Direktur Jenderal Kehutantan, Kopi dan Tanaman Industri –  Kementerian Pertanian dan Kelautan RDTL.

 

 

 

 

 

 

Sampai saat ini sudah sebanyak 20 siswa Tmor Leste yang menjadi lulusan SMKKN dan diharapkan menjadi penerus pengelolaan hutan Timor Leste di masa yang akan datang. Diskusi dan evaluasi informal dilakukan kedua belah pihak disela acara wisuda untuk peningkatan Kerjasama ke depan. Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh warga sekolah (guru, tenaga kependidikan dan lainnya) dan stakeholders ( komite sekolah, dinas Pendidikan dan lainnya) yang  telah bersinergi untuk menghantarkan siswa ke gerang kelulusan sebagaimana yang diharapkan.

Wisuda bukanlah akhir dari perjuangan dalam menuntut ilmu maupun pengembangan diri, tetapi merupakan awal dari tahapan perjuangan selanjutnya untuk mengembangkan diri ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dunia kerja maupun menuntut ilmu di perguruan tinggi. Selamat kepada siswa dan siswi yang telah lulus.

 

 

 

BERITA, BREAKING NEWS, PENGUMUMAN, PUBLIKASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.