Artikel

Friday, 27 August 2021

KLHK Selenggarakan Lomba Karya Tulis SDGs “Potret Kontribusi Kegiatan Lingkup KLHK terhadap Pencapaian SDGs”

Dalam rangka pengarusutamaan SDGs lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sekretariat Pokja SDGs KLHK mengadakan rangkaian Lomba Karya Tulis SDGs dan Webinar Nasional SDGs KLHK. Dalam sosialisasi Lomba Karya Tulis dan Webinar Nasional SDG’s KLHK yang diselenggarakan secara daring melalui zoom pada Jumat 27 Agustus 2021, Kepala Biro Perencanaan, Apik Karyana menyampaikan bahwa lomba karya tulis ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman parapihak terhadap upaya pencapaian TPB/SDG’s serta partisipasi parapihak terhadap dokumentasi dan publikasi pencapaian TPB/SDG’s. Dengan mengusung tema “Potret Kontribusi Kegiatan Lingkup KLHK terhadap Pencapaian SDGs”, lomba karya tulis ini dikhususkan untuk seluruh ASN lingkup KLHK dengan tematik di unit kerja masing masing sesuai dengan 17 Goals SDGs.

SDGs (Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. SDGs bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga berkelanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan yang eksklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) telah menjadi salah satu pengarusutamaan (mainstreaming) dalam RPJMN 2020 – 2024, sehingga parapihak juga bisa memetakan kontribusi yang mereka lakukan dalam upaya pencapaian target-taget pada 17 Goals SDGs.

Setiap ASN mempunyai kesempatan yang sama dan tidak ada batasan bagi setiap Eselon I dalam mengirimkan Judul. Selanjutnya akan dipilih 3 karya terbaik dari tiap-tiap Eselon I yang kemudian akan dipresentasikan pada Webinar Nasional SDGs KLHK di Bulan Oktober 2021. Karya tulis dapat dibuat dalam bentuk karya tulis populer populer ataupun karya tulis ilmiah dengan memperhatikan kriteria penilaian atar lain: originalitas, runtut cerita (latarbelakang, tujuan dan kesimpulan dalam karya tulis), tata bahasa, Mudah dibaca, mudah dipahami serta kesesuaian dengan tema.

Sebagai catatan, seluruh karya tulis yang diterima dan diseleksi oleh panitia akan didokumentasikan dalam bentuk prosiding dan dipublikasikan secara nasional (ISBN).

Bagi ASN lingkup KLHK yang ingin ikut serta berpartisipasi, berikut ketentuan sistematika untuk penulisan karya tulis SDGs :

  1. Karya Tulis dapat berupa esai maupun reportase dengan jumlah kata 1500-3000 dan boleh dilengkapi denga dokumentasi foto atau infografis dengan tema “Kontribusi kegiatan lingkup KLHK terhadap TPB/SDGs (Tematik unit kerja masing-masing).
  2. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran sekaligus mengunggah/upload karya tulis secara online pada tautan , untuk back up dapat mengirimkan juga ke alamat email klhksekretariatsdgs@gmal.com dengan subjek “Unit Eselon I_SDGsKLHK_Nama Penulis”. Karya tulis dikirimkan dalam bentuk word atau pdf siap print. (Cover hingg daftar pustaka dijadikan dalam satu file) dengan format nama file Lomba Karya Tulis SDGs KLHK_Nama Peserta.pdf.
  3. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan merupakan hasil karya tulis sendiri (Orisinil). Tulisan dilengkapi degan biodata penulis. Tulisan yang dikirim harus mendapat ijin dan pesetujuan pimpinan pada unit kerja masing masing.
  4. Naskah artikel diketik dengan jenis huruf Calibri denga font size 12 dan spasi 1,25 pada kertas ukuran A4 dengan margin 4 cm dari samping kiri dan 3 cm dari samping kanan, atas , dan bawah. Jumlah kata 1500 s.d 3000. Jumlah kata yang tidak sesuai dengan ketentuan akan mempengaruhi penilaian.
  5. Naskah artikel diketik menggunakan tata Bahasa Indonesia yang baik dengan memperhatikan ejaan yang disempurnakan (EYD), kejelasan kalimat dan mudah dipahami.
  6. Bersifat individu dan Bebas dari Plagiarisme. Mencantumkan semua sumber kepustakaan yang diacu dan menuliskannya dalam Dagtar Pustaka jika mengutip/sitasi.
  7. Karya tulis yang dikirimkan kepada panitia menjadi hak milik dan wewenang panitia dan boleh dipublikasikan dengan tetap mencantumkan nama penulis. Karya yang diterima panitia akan direview oleh dewan juri. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  8. Karya tulis terpilih (3 karya tulis dari masing-masing unit Eselon I) oleh dewan juri akan diundang sebagai presenter/penyaji pada Webinar Nasional SDGs KLHK yang akan diselenggarakan pada 4-5 Oktober 2021 dan akan diberikan sertifikat serta hadiah berupa merchandise.
  9. Seluruh karya tulis yang diterima dan diseleksi oleh panitia akan didokumentasikan dalam bentuk prosiding dan dipublikasikan secara nasional (ISBN).
  10. Untuk memperoleh gambaran tentang pengarusutamaan TPB/SDGs secara nasional maupun KLHK, bahan informasi dapat diunduh pada link https://sdgs.bappenas.go.id dan ly/ScorecardSDGSKLHK.

 

Batas waktu pengumpulan karya tulis paling lambat pada tanggal 17 September 2021.

 

Informasi lebih lanjut,

Kontak CP: +62 878 8644 3904 (Eka)

 

AGENDA, BERITA, BREAKING NEWS, KOLEKSI VIDEO DAN GALERI FOTO, LAPORAN, PENGUMUMAN, PUBLIKASI
About FIRMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.