Artikel

Wednesday, 18 August 2021

Penutupan dan Pelepasan Peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Gelombang I CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2021

Rangkaian kegiatan pelatihan dasar (Latsar) Gelombang I CPNS Kementerian lingkungan dan Kehutanan (Kementerian LHK) Tahun 2021 yang diselenggarakan sejak bulan Februari 2021 telah berakhir. Penyelenggaraan penutupan dan pelepasan peserta latsar gelombang I ini dilaksanakan secara virtual pada hari Rabu tanggal 18 Agustus 2021. Latsar CPNS ini adalah kegiatan yang inovatif dan terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta dinamika pembelajaran yang adaptif, dinamis, fleksibel dan responsif serta kolaboratif antara peserta pelatihan dan tenaga pelatihan dengan memanfaatkan sistem pembelajaran yang dikelola Lembaga Administrasi Negara bersama dengan Pusat Diklat SDM LHK.

Plt.Pusat Diklat SDM LHK, Mariana Lubis, dalam arahannya pada penutupan Latsar CPNS Kementerian LHK mengharapkan agar peserta pelatihan mampu menginternalisasi, menerapkan dan mengaktualisasikan serta merasakan manfaat pelatihan sehingga terwujud karakter yang profesional dan kompeten sesuai bidang tugas, terpatri pada dirinya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat pemersatu bangsa. “PNS Kementerian LHK haruslah menjadi ASN yang memiliki nilai berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif sesuai dengan core value ASN sehingga branding ASN sebagai ASN yang bangga melayani negara dapat terwujud” lanjut Mariana.


Kegiatan latsar dilakukan serentak dan diikuti oleh 616 orang peserta dari 13 Eselon I lingkup Kementerian LHK yang terdiri atas golongan 2 sebanyak 240 orang peserta (6 angkatan) dan golongan 3 sebanyak 376 orang peserta (10 angkatan) dan kemudian masing-masing Angkatan terbagi menjadi 4 kelompok pembimbingan. Dari total 616 orang peserta, sebanyak 601 orang dinyatakan lulus, 14 orang peserta ditunda kelulusannya dan 1 orang peserta meninggal dikarenakan sakit. Untuk 14 orang yang ditunda kelulusannya, 2 orang peserta diantaranya sedang mendapatkan perawatan intensif karena terpapar covid-19 sedangkan 12 orang peserta lainnya mengalami kendala jaringan internet bawah laut sehingga kelulusannya ditunda sampai dengan 24 September 2021.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Badan P2SDM) memberikan apresiasi kepada 64 orang peserta Latsar terbaik yang terdiri dari 40 orang peserta terbaik dari golongan III dan 24 peserta terbaik dari golongan II. Selain pemberian apresiasi kepada peserta terbaik di setiap Angkatan, Badan P2SDM juga memberikan apresiasi kepada 16 orang peserta dengan project aktualisasi terbaik.

Dengan selesainya Latsar, bukanlah akhir dari perjalanan CPNS Kementerian LHK, melainkan menjadi titik awal perjalanan CPNS Kementerian LHK dalam berkarya bagi bangsa dan negara khususnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Semoga dengan nilai-nilai dan bekal yang didapat pada pelatihan ini, dapat mencetak ASN Kementerian LHK yang bangga melayani negara. Selamat kepada para peserta.

AGENDA, BERITA, BREAKING NEWS, KOLEKSI VIDEO DAN GALERI FOTO, LAPORAN, PENGUMUMAN, PUBLIKASI , , , , , , , ,
About FIRMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.