Artikel

14/09/2020

Bangun Karakter Generasi Muda Milenial Peduli Lingkungan, Kementerian LHK Gaungkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Gelora semangat cinta lingkungan terpancar dari tak kurang 750 orang (live di Zoom) dan 680 orang lebih (live di YouTube) yang merupakan perwakilan Sekolah Adiwiyata, Dinas LHK Provinsi dan Kab/kota, Disdik Provinsi dan Kab/kota, serta Kanwil Kemenag Provinsi dan Kantor Kemenag Kab/kota di seluruh penjuru Indonesia, saat mengikuti Webinar Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) melalui Kebijakan dan Pembelajaran Berwawasan Lingkungan Hidup.

Webinar Gerakan PBLHS ini diselenggarakan oleh Puslatmas & PGL, BP2SDM, KLHK ditengah kondisi Tatanan Baru Beradaptasi dengan COVID-19, secara live melalui channel Zoom dan YouTube Puslatmas dan PGL selama 2 hari, mulai tanggal 9 s.d. 10 September 2020.

Gerakan PBLHS hadir sebagai bentuk upaya nyata yang dibangun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam mendukung pemerintah mewujudkan pendidikan lingkungan hidup bagi generasi muda milenial yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup serta peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

Mewakili Kepala Badan P2SDM, Kepala Puslatmas & PGL, Cicilia Sulastri dalam sambutannya menuturkan bahwa melalui Gerakan PBLHS diharapkan warga sekolah pada umumnya dan peserta didik pada khususnya mampu berpikir secara global namun tetap bertindak secara lokal. Untuk itu sekolah diharapkan mampu menyusun Rencana Gerakan PBLHS berdasarkan hasil Identifikasi Potensi dan Masalah Lingkungan Hidup (IPMLH) serta Evaluasi Diri Sekolah (EDS) aspek LH yang sesuai dengan kondisi di sekolah dan daerah masing-masing.

Kondisi tersebut menjadi tantangan terbesar bagi sekolah (dalam hal ini guru-guru) yang menjadi garda terdepan dalam membentuk Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) warga sekolah (terutama peserta didik).

Webinar Gerakan PBLHS terselenggara untuk menghadapi tantangan tersebut dengan menghadirkan materi terkait Kebijakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah serta pembelajaran berwawasan lingkungan hidup yang meliputi pemetaan kontekstual isu lingkungan, penyusunan EDS, dan pengintegrasian PRLH ke dalam Dokumen 1 KTSP serta Rancangan Pembelajaran, sesuai Permen LHK Nomor 52 dan 53 Tahun 2019.

“Diharapkan setelah berakhirnya webinar ini, Dinas LHK Provinsi dan Kab/kota, Disdik Provinsi dan Kab/kota, serta Kanwil Kemenag Provinsi dan Kantor Kemenag Kab/kota sebagai Tim Pembina Gerakan PBLHS dan Tim Penilai Adiwiyata dapat berkoordinasi secara sinergi dalam mendorong terwujudnya Gerakan PBLHS di daerahnya masing-masing. Terlebih khususnya Sekolah sebagai pelaksana Gerakan PBLHS diharapkan dapat mereview kembali Rencana Gerakan PBLHS, merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran terintegrasi PRLH sesuai EDS dan IPMLH, serta melakukan pemantauan dan evaluasi Gerakan PBLHS secara efektif” tegas Cicilia mengakhiri sambutannya.

BERITA, PUBLIKASI
About Bagusps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.