Artikel

02/09/2020

Indonesia-Timor Leste Melanjutkan Kerjasama Teknis Sektor Kehutanan di Tengah Pandemi COVID 19

Di tengah situasi Pandemi COVID 19,  Indonesia dan Timor Leste bersepakat melanjutkan kerjasama teknis sektor kehutanan, melalui perpanjangan MoU antara Menteri LHK RI dan Menteri Pertanian dan Perikanan Timor Leste.  Perpanjangan MoU tersebut diikuti pembaruan Implementation Arrangement (IA) tentang Kerjasama Teknis Pengembangan Kapasitas SDM antara Kepala Badan P2SDM (BP2SDM) dengan Dirjen Kehutanan Kopi dan Tanaman Industri (Ditjen KKTI) Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste.  Bagi Indonesia, kerjasama ini menjadi media untuk meningkatkan leverage, peran dan kontribusi di Kawasan Asia Tenggara khususnya kepada negara tetangga baru melalui pemberian bantuan teknis. Sedangkan bagi Timor Leste memberikan manfaat peningkatan SDM di bidang kehutanan.

Penandatanganan dokumen kerjasama di atas dilakukan secara sirkular, yang difasilitasi melalui pertukaran dokumen pada pertemuan perwakilan kedua negara di Kantor / Pos Perbatasan terpadu Timor Leste di Motaain Kabupaten Belu NTT pada Rabu, 26 Agustus 2020.  Pertemuan mendiskusikan berbagai hal meliputi usulan peningkatan  kerjasama kedepan untuk bidang teknis kehutanan lainnya, rencana pelaksanaan kegiatan belajar lima siswa baru  Timor Leste penerima beasiswa tahun 2020 (yang belum bisa di tahun ajaran saat ini karena Pandemi Covid 19), untuk masuk di tahun 2021 bersama-sama calon penerima beasiswa di tahun 2021.  Dalam kesempatan tersebut, juga dipertukarkan dokumen kerjasama MoU dan IA.

Dalam pertemuan, KLHK diwakili oleh Kepala Bagian Program dan Kerja Sama, Sekretariat Badan P2SDM (Gun Gun Hidayat, Ph.D), sementara hadir wakil pihak Timor Leste yaitu Direktur Konservasi Alam – Ditjen KKTI Timor Leste (Mr. Joao Antalmo Ferreira).  Turut menyaksikan  pertukaran dokumen yaitu Sekretaris Kedua/Kepala Fungsi Ekonomi dan Kerjasama Teknik ( Anti Kurnadi)  dan Kepala BDLHK Kupang ( Drs. Suba’i).

Kerjasama Teknis bidang Kehutanan antara Kementerian LHK RI dengan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste khususnya di bidang pengembangan kapasitas SDM telah berjalan selama 4 tahun sejak 2016.  Dalam kurun waktu tersebut,  telah dihasilkan 10 lulusan SMKKN binaan BP2SDM KLHK asal Timor Leste yang saat ini tengah mengabdi dalam pembangunan kehutanan di Timor Leste.  Saat ini, terdapat 10 siswa/i Timor Leste penerima beasiswa KLHK yang masih menempuh pendidikan di SMKKN Samarinda dan SMKKN Makassar.  Selain itu, sebanyak 10 orang pegawai Ditjen KKTI Timor Leste telah mengikuti diklat di sejumlah BDLHK.

Perpanjangan kerjasama teknis sektor kehutanan ini secara prinsip telah disepakati pada pertemuan bilateral RI-Timor Leste pada Januari 2019 di Bali, dan dilanjutkan dengan melalui sejumlah proses di internal maupun negosiasi kedua Pihak.

BERITA, BREAKING NEWS, PUBLIKASI
About Bagusps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.